Close Menu
    Hot News

    OLXmobbi Hadir Kembali di GIIAS 2025, Bagikan Cashback Hingga Rp 6,8 Juta untuk Trade-In di Tempat

    Jumat, 1 Agustus 2025

    Smart Money vs Retail Trader: Siapa yang Menggerakkan Harga?

    Jumat, 1 Agustus 2025

    Dari Indonesia untuk Asia–Eurasia: 15 Pengusaha Hadir Perdana di SCO Investment & Trade Expo 2025, Qingdao – Tiongkok

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Facebook
    Bebegig NewsBebegig News
    Facebook
    • Hot News
    • Artis-Seleb
    • Film-TV-Music
    • Bisnis-Finance
    • Lifestyle
    • Techno-Gaming
    Bebegig NewsBebegig News
    Home»Bisnis-Finance»Volume Penumpang KA PSO di Daop 4 Semarang Capai 700 Ribuan Orang pada Semester 1 2025, KAI Daop 4 Dorong Akses Transportasi Merata dan Berkelanjutan
    Bisnis-Finance

    Volume Penumpang KA PSO di Daop 4 Semarang Capai 700 Ribuan Orang pada Semester 1 2025, KAI Daop 4 Dorong Akses Transportasi Merata dan Berkelanjutan

    Kamis, 31 Juli 2025
    Volume Penumpang KA PSO di Daop 4 Semarang Capai 700 Ribuan Orang pada Semester 1 2025, KAI Daop 4 Dorong Akses Transportasi Merata dan Berkelanjutan

    KAI Daop 4 Semarang mencatat mencatat pada semester 1 tahun 2025 jumlah keberangkatan penumpang kereta api (KA) Public Service Obligation (PSO) mencapai 732.283 orang. Jumlah volume penumpang pada Semester 1 ini meningkat cukup pesat yaitu 49,4% dibandingkan jumlah pada semester 1 tahun 2024 yang mencapai 490.140 penumpang.

    KAI Daop 4 Semarang mencatat mencatat pada semester 1 tahun 2025 jumlah keberangkatan penumpang kereta api (KA) Public Service Obligation (PSO) mencapai 732.283 orang. Jumlah volume penumpang pada Semester 1 ini meningkat cukup pesat yaitu 49,4% dibandingkan jumlah pada semester 1 tahun 2024 yang mencapai 490.140 penumpang.

    Jumlah tersebut terdiri dari 3 KA PSO baik yang dikelola KAI maupun anak perusahaan (KAI Commuter) keberangkatan stasiun Daop 4 Semarang.

    Adapun rinciannya yaitu:

    1. KA Kedungsepur relasi Stasiun Semarang Poncol – Alastua – Brumbung – Gubug – Karangjati – Sedad – Ngrombo pp sebanyak 158.940 penumpang

    2. KA Airlangga relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi – Cepu – Randublatung – Nrombo – Semarang Poncol – Weleri – Pekalongan – Pemalang – Tegal – Pasar Senen pp sebanyak 251.410 penumpang

    3. Commuterline Blora Sura relasi Stasiun Cepu – Surabaya Pasar Turi pp sebanyak 321.933 penumpang

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan bahwa layanan KA PSO menjadi tulang punggung transportasi masyarakat di lintas-lintas yang belum sepenuhnya terjangkau layanan KA komersial.

    “KA PSO berperan penting dalam memastikan keterjangkauan akses transportasi bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah yang belum memiliki banyak pilihan moda. Layanan ini bukan hanya mendukung mobilitas harian masyarakat, tetapi juga menjadi penopang aktivitas ekonomi dan sosial,” kata Franoto.

    Ia menambahkan, layanan KA PSO seperti Kedungsepur yang beroperasi setiap hari menjadi andalan masyarakat dari wilayah pedesaan hingga pinggiran kota untuk beraktivitas di pusat kota Semarang maupun sebaliknya.

    Franoto mengatakan bahwa KAI Daop 4 Semarang terus berupaya menjaga kualitas layanan PSO agar tetap aman, nyaman, dan tepat waktu. Selain itu, KAI juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung keberlanjutan layanan ini.

    KAI Group secara konsisten menjalankan peran strategis dalam penyelenggaraan layanan KA PSO melalui sinergi antara perusahaan induk (KAI) dan anak perusahaan, seperti KAI Commuter. Hal ini mencerminkan komitmen KAI Group dalam memperluas layanan transportasi publik yang terjangkau, menjangkau wilayah-wilayah yang belum dilayani secara optimal, serta mengintegrasikan sistem transportasi yang andal dan berkelanjutan di berbagai daerah.

    “PSO merupakan bentuk komitmen negara dalam menyediakan layanan transportasi publik yang merata. Kami berharap ke depan layanan ini dapat terus diperluas jangkauannya serta ditingkatkan sarana dan prasarana pendukungnya,” imbuh Franoto.

    Selain fokus pada peningkatan layanan, KAI juga aktif melakukan edukasi kepada pelanggan terkait keselamatan, ketertiban, serta pentingnya menjaga fasilitas publik agar dapat digunakan secara optimal dan berkelanjutan.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KA PSO dan jadwal keberangkatan, masyarakat dapat mengakses aplikasi Access by KAI, website resmi KAI di kai.id, atau menghubungi Contact Center KAI 121.

    Artikel ini juga tayang di vritimes

    Berita Terkait

    Bisnis-Finance

    OLXmobbi Hadir Kembali di GIIAS 2025, Bagikan Cashback Hingga Rp 6,8 Juta untuk Trade-In di Tempat

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Smart Money vs Retail Trader: Siapa yang Menggerakkan Harga?

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Dari Indonesia untuk Asia–Eurasia: 15 Pengusaha Hadir Perdana di SCO Investment & Trade Expo 2025, Qingdao – Tiongkok

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Bank Raya Terus Perkuat Kinerja dan Inovasi di Paruh Semester 2025, Pastikan Momentum Pertumbuhan Positif Terjaga

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Dorong Sinergi untuk Pendidikan, UMKM, dan Peningkatan SDM Daerah, BINUS @Medan Lakukan Audiensi dengan Wali Kota Medan

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Dari Bibit Unggul ke Rasa Premium: Rahasia Dibalik Cherry Tomato Astyfarm

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Trending
    Bisnis-Finance

    Boost Gio: A Promising Motivational Speaker with Expansion Potential in Indonesia

    Sabtu, 26 Juli 2025

    Lebih dari 21 Ribu Wisatawan Asing Gunakan Kereta Api dari Daop 4 Semarang Selama Semester I 2025

    Sabtu, 26 Juli 2025

    KAI Divre IV Tanjungkarang Hadirkan Rail Clinic di Stasiun Kotabumi, Wujud Pelayanan dan Edukasi Kesehatan untuk Masyarakat

    Kamis, 31 Juli 2025

    KAI Divre IV Tanjungkarang Kembali Salurkan Bantuan Bina Lingkungan Triwulan III 2025

    Rabu, 30 Juli 2025

    Diskon 30% KA Ekonomi Non Subsidi Tinggal 2 Hari Lagi, Daop 2 Bandung Ajak Pelanggan Manfaatkan Promo Menarik Ini

    Rabu, 30 Juli 2025

    KAI Divre IV Tanjungkarang Imbau Warga Tidak Buang Sampah di Sekitar Jalur Rel Kereta Api

    Selasa, 29 Juli 2025

    KAI Logistik TRAX Jadi Pilar Digitalisasi, KAI Logistik Cetak Pertumbuhan Pada Semester I 2025

    Senin, 28 Juli 2025
    Hot News
    Bisnis-Finance

    OLXmobbi Hadir Kembali di GIIAS 2025, Bagikan Cashback Hingga Rp 6,8 Juta untuk Trade-In di Tempat

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Smart Money vs Retail Trader: Siapa yang Menggerakkan Harga?

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Dari Indonesia untuk Asia–Eurasia: 15 Pengusaha Hadir Perdana di SCO Investment & Trade Expo 2025, Qingdao – Tiongkok

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Bank Raya Terus Perkuat Kinerja dan Inovasi di Paruh Semester 2025, Pastikan Momentum Pertumbuhan Positif Terjaga

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Dorong Sinergi untuk Pendidikan, UMKM, dan Peningkatan SDM Daerah, BINUS @Medan Lakukan Audiensi dengan Wali Kota Medan

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Dari Bibit Unggul ke Rasa Premium: Rahasia Dibalik Cherry Tomato Astyfarm

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bisnis-Finance

    Memahami Peran MLV Teknologi dalam Desain Interior Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Estetika

    Jumat, 1 Agustus 2025
    Bebegig News
    • Tentang Kami
    • Kontak
    • Syarat & Ketentuan
    • Kebijakan Privasi
    • Disklaimer
    © 2025 BebegigNews.my.id.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.