Close Menu
    Hot News

    3 Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko, Kamu Termasuk yang Mana?

    Kamis, 31 Juli 2025

    1-3 Agustus Ada Pekerjaan Saluran di Pintu Masuk Stasiun Gubeng Baru, KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Berangkat Lebih Awal

    Kamis, 31 Juli 2025

    Special Price Alert! Sewa Photobooth di Photomatics Cuma 1,6 Jutaan Aja Buat Acara Kamu!

    Kamis, 31 Juli 2025
    Facebook
    Bebegig NewsBebegig News
    Facebook
    • Hot News
    • Artis-Seleb
    • Film-TV-Music
    • Bisnis-Finance
    • Lifestyle
    • Techno-Gaming
    Bebegig NewsBebegig News
    Home»Bisnis-Finance»Contact Center KAI 121: Garda Terdepan Pelayanan Pelanggan Kereta Api
    Bisnis-Finance

    Contact Center KAI 121: Garda Terdepan Pelayanan Pelanggan Kereta Api

    Selasa, 27 Mei 2025
    Contact Center KAI 121: Garda Terdepan Pelayanan Pelanggan Kereta Api

    Masyarakat dapat menhubungi contact center 121 secara gratis melalui layanan VOIP yang terdapat pada aplikasi Access by KAI

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan melalui peran strategis Contact Center KAI 121. Contact center ini tidak hanya menjadi saluran komunikasi, tetapi juga cerminan bagaimana KAI melayani pelanggan setianya.

    “Contact center yang baik merupakan representasi cara perusahaan dalam melayani pelanggan setianya, untuk itu KAI berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan KAI 121 guna menambah kepuasan pelanggan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

    Dalam kurun waktu Januari hingga April 2025, Contact Center KAI 121 telah melayani total 1.798.826 interaksi pelanggan. Layanan yang diberikan tidak hanya melalui suara, tetapi juga teks, mencakup berbagai platform digital. Untuk yang berbasis teks, layanan yang diberikan KAI diantaranya melalui media sosial (Facebook, X, Instagram, TikTok, dan Threads), email, SMS, WhatsApp blast, serta melalui kotak layanan pelanggan yang tersedia di stasiun.

    Inovasi Layanan Suara: Integrasi VOIP dengan Access by KAI

    Layanan suara KAI 121 dapat diakses melalui call center 021-121 dan inovasi terbaru, VOIP (Voice over Internet Protocol). Penggunaan VOIP ini secara resmi digunakan pada 28 September 2024, bertepatan dengan HUT KA ke-79. Keunggulan VOIP adalah terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI, memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan ke CC121 langsung melalui aplikasi tersebut, memberikan kemudahan dan efisiensi.

    “Melalui fitur ini, masyarakat dapat menghubungi contact center 121 secara gratis lewat layanan VOIP yang terdapat pada aplikasi Access by KAI,” jelas Anne.

    Sejarah dan Perkembangan Layanan

    Pusat layanan pelanggan KAI berdiri sejak tahun 2008 dengan menggunakan hotline 021-6916060. Pada tahun 2010, layanan ini bertransformasi menjadi call center dengan nomor tunggal 121/021-121 dan dilengkapi sistem antrean, sehingga memungkinkan pelayanan yang lebih efisien kepada lebih banyak pelanggan.

    Pada tahun 2018, KAI 121 mulai merambah dunia media sosial dengan nama akun @KAI121_. Sejak saat itu, pelayanan pelanggan tidak hanya dilakukan melalui telepon, tetapi juga melalui pesan dan komentar yang ditujukan langsung ke akun media sosial KAI 121.

    Kesiapan dan Responsivitas Agen Contact Center

    Setiap harinya, 230 agen contact center bersiaga penuh untuk memberikan layanan kepada pelanggan. Pada momen-momen tertentu seperti libur Lebaran, Natal, Tahun Baru, atau libur panjang akhir pekan saat jumlah penumpang meningkat, layanan di Contact Center 121 juga mengalami peningkatan signifikan.

    Sebagai contoh, pada libur panjang peringatan Hari Waisak dari 10-13 Mei lalu, total layanan mencapai 25.653, atau rata-rata 6.413 layanan per hari. Sebagian besar masyarakat menghubungi Contact Center 121 untuk mencari informasi terkait jadwal kereta api, pemesanan tiket, perubahan jadwal, maupun informasi seputar pendaftaran akun di aplikasi Access by KAI.

    Kinerja Contact Center KAI 121 telah diakui baik di level nasional maupun internasional melalui beragam penghargaan yang telah diterima. Salah satunya yang terbaru adalah piala Silver kategori ‘Customer Experience’ pada Contact Center Asia Pacific (CC APAC) Awards 2024 di Singapura. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen KAI dalam memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

    “Pelayanan yang diberikan oleh KAI tidak sebatas hanya saat di stasiun maupun di dalam KA saja, tapi juga layanan yang diberikan melalui contact center. Melalui layanan ini, semakin memudahkan para pelanggan yang akan menggunakan transportasi kereta api,” tutup Anne.

    Artikel ini juga tayang di vritimes

    Berita Terkait

    Bisnis-Finance

    3 Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko, Kamu Termasuk yang Mana?

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    1-3 Agustus Ada Pekerjaan Saluran di Pintu Masuk Stasiun Gubeng Baru, KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Berangkat Lebih Awal

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Special Price Alert! Sewa Photobooth di Photomatics Cuma 1,6 Jutaan Aja Buat Acara Kamu!

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Listrik Aliran Atas (LAA), Menjadi Nadi Utama Operasional KRL dan Sistem Persinyalan KAI Daop 1 Jakarta

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Komitmen KAI terhadap Pelayanan dan Keselamatan Pengguna, Seluruh Train Attendant LRT Jabodebek Tersertifikasi

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    AnyMind Group Capai Status Premium Enabler Shopee di Indonesia pada Q2 2025

    Kamis, 31 Juli 2025
    Trending
    Bisnis-Finance

    Boost Gio: A Promising Motivational Speaker with Expansion Potential in Indonesia

    Sabtu, 26 Juli 2025

    Lebih dari 21 Ribu Wisatawan Asing Gunakan Kereta Api dari Daop 4 Semarang Selama Semester I 2025

    Sabtu, 26 Juli 2025

    Diskon 30% KA Ekonomi Non Subsidi Tinggal 2 Hari Lagi, Daop 2 Bandung Ajak Pelanggan Manfaatkan Promo Menarik Ini

    Rabu, 30 Juli 2025

    KAI Divre IV Tanjungkarang Imbau Warga Tidak Buang Sampah di Sekitar Jalur Rel Kereta Api

    Selasa, 29 Juli 2025

    KAI Logistik TRAX Jadi Pilar Digitalisasi, KAI Logistik Cetak Pertumbuhan Pada Semester I 2025

    Senin, 28 Juli 2025

    Hasil Presisi Maksimal dalam Proyek CNC Fabrikasi Anda

    Minggu, 27 Juli 2025

    Perbandingan Saham AAPL vs MSFT: Mana yang Lebih Unggul untuk Investasi Jangka Panjang?

    Jumat, 25 Juli 2025
    Hot News
    Bisnis-Finance

    3 Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko, Kamu Termasuk yang Mana?

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    1-3 Agustus Ada Pekerjaan Saluran di Pintu Masuk Stasiun Gubeng Baru, KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Berangkat Lebih Awal

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Special Price Alert! Sewa Photobooth di Photomatics Cuma 1,6 Jutaan Aja Buat Acara Kamu!

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Listrik Aliran Atas (LAA), Menjadi Nadi Utama Operasional KRL dan Sistem Persinyalan KAI Daop 1 Jakarta

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Komitmen KAI terhadap Pelayanan dan Keselamatan Pengguna, Seluruh Train Attendant LRT Jabodebek Tersertifikasi

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    AnyMind Group Capai Status Premium Enabler Shopee di Indonesia pada Q2 2025

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bisnis-Finance

    Memahami Commercial Trust di Indonesia Berdasarkan UU P2SK

    Kamis, 31 Juli 2025
    Bebegig News
    • Tentang Kami
    • Kontak
    • Syarat & Ketentuan
    • Kebijakan Privasi
    • Disklaimer
    © 2025 BebegigNews.my.id.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.